Berkabar 09: Matrix Boston

Halo temen-temen πŸ‘‹

Berkabar balik lagi setelah minggu lalu aku rehat sejenak ngga nulis newsletter. Di episode ke 9 ini, aku ingin membahas tentang Matrix Boston dan penerapannya terhadap diri kita masing2.

Aku pikir ini cukup menarik, sehingga memutuskan untuk membagikannya di newsletter kali ini.


Matrix Boston

Matrix Boston pada dasarnya dibuat oleh perusahaan konsultas bisnis untuk menjadi sebuah cara berpikir bagi perusahaan untuk menganalisis berbagai produk dan layanan mereka dan mengambil keputusan.

Dulu aku tahu pertama kali matrix ini dari Mas J (Jaya Setiabudi) didalam sebuah seminar. Saat itu beliau menggunakan matrix ini untuk membantu merancang strategi bisnis UMKM agar tetap bertahan dan berkembang.

Nah setelah aku coba dalami, ternyata ngga hanya bisa membantu UMKM. Tapi Matrix boston juga mampu membantu ku sebagai personal untuk memetakan strategi, apa yg perlu aku lakukan untuk mencapai tujuan2 an yg ku miliki.

Matrix Boston terdiri dari 4 hal.

  1. Sapi Perah

  2. Anjing

  3. Bintang

  4. Tanda Tanya

Mari kita bahas satu persatu-satu.

Sapi Perah πŸ„

Sapi diperah tiap hari untuk diambil susunya yg kemudian dijual. Uangnya kemudian dipakai oleh pemiliknya untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

Sama halnya peternak yg memiliki sapi perah. Sebagai individu, kita butuh hal yg bisa menghasilkan cashflow secara cepat. Ini bisa kita dapatkan dari bekerja di sebuah perusahaan. Setidaknya ada uang masuk tiap bulan untuk membantu mengcover biaya hidup bulanan.

Saat kita menukar waktu dengan uang, itulah sapi perah kita.

Selain bekerja tetap di perusahaan, sapi perah kita bisa juga berupa freelance ataupun usaha yg sedang kita jalankan.

Karena sapi juga hewan biasa, kalau diperah terus menerus bisa saja susunya berkurang atau bahkan bisa sakit kalau tidak dirawat dengan baik.

Kalo sampe sapinya sakit, ini berbahaya karena ngga ada susu berarti ngga ada penghasilan bagi peternak.

Ini mirip sebagai tubuh kita. Kalau terus menerus bekerja tanpa memperhatikan kesehatan, bisa saja malah kurang produktif bahkan sakit.

Ada guyonan terkenal di kalangan temen-temen, sampe kita kerja-kerja-tipes.

Kalo sakit. Lalu ngga kerja atau bahkan kena phk. Maka cash flow kita akan berhenti.

Orang yg hidupnya paycheck to paycheck itu sama seperti yg mengandalkan sapi perah aja. Ngga salah, tapi akan sangat rentan kestabilan finansialnya.

Mari lanjut ke anjing peliharaan.

Anjing peliharaan 🐢

Anjing dipelihara majikan bisanya sebagai sebuah sarana untuk kesenangan dengan harapan mengurangi stress, punya teman, dan membantu pemilik lebih bahagia.

Sebagai hewan peliharaan, anjing butuh perawatan dong. Setidaknya butuh biaya makanan, grooming, aksesoris hewan, suntik rabies, bahkan butuh pelatihan agar bisa nurut.

Nah anjing peliharaan ini di hidup kita bisa berupa hal-hal hiburan seperti punya monthly subscription di Netflix, Disney, Spotify, atau Youtube Premium.

Punya anjing peliharaan ini sah-sah aja asal kita bisa merawatnya dan tidak terlalu membebani hidup. Ingat, anjing peliharaan ini membutuhkan biaya yg dikeluarkan tiap bulannya.

Bintang 🌟

Bintang mencerminkan sebuah hal yg kalo mulai sekarang kita tekuni, kita percaya suatu saat nanti bisa menjadi besar.

Contoh bintang adalah memiliki side-project, membangun startup bareng temen, membuat youtube channel, menulis buku atau blog, dan lain sebagainya.

Hal-hal diatas mungkin sekarang masih belum menghasilkan sebesar sapi perah. Tapi Bintang ini berpotensi menjadi alternative penghasilan di masa mendatang bahkan lebih besar dari sapi perah.

Cari bintangmu dan lakukan mulai sekarang!

Tanda Tanya (?) πŸ‘€

Tanda tanya adalah hal random yg kita lakukan, bisa saja hobi bahkan mungkin diluar bidang pekerjaan sekarang tapi bisa saja ini menjadi jalan kita ke hal-hal yg tak terduga.

Namanya juga tanda tanya. Ini adalah misteri.

Misalnya sebagai desainer, aku juga rutin belajar tentang investasi, VC, cryptocurrency, reptil, sejarah, olaharaga dll.

Hal tersebut aku lakukan aja for fun.

Karena tanda tanya ini sifatnya misteri. Jadi kita ngga tahu potensi apa dibelakangnya. Setidaknya ini kita perlukan sesuatu yg bersifat tanda tanya.

Contoh bagaimana aku menerapkan Matrix Boston

πŸ„ Sapi Perah β†’ Kerja 9-5 di perusahaan & Freelance

🐢 Anjing Peliharaan β†’ Beberapa subscription software yg belum maksimal aku gunakan.

🌟 Bintang β†’ Bikin Side-Project, Mencoba konsisten menulis blog & buku

πŸ‘€? Tanda Tanya β†’ Belajar investasi, cryptocurrency.

Lalu bagaimana manajemen waktunya?

πŸ„ Sapi Perah

Untuk sapi perah, karena kita butuh melakukannya untuk tetap survive. Kita bisa mengalokasikan waktu 70-80% untuk sapi perah ini. Kerja membutuhkan mayoritas waktu kita.

Kalau kita sebagai pengusaha, remote worker, ataupun self-employee. Mungkin kita bisa mengurangi porsi sapi perah ini dimana sebagainya kita tambahkan ke porsi bintang.

🐢 Anjing Peliharaan

Karena untuk hiburan, 10% aja cukup. Jangan terlalu banyak. Semakin banyak anjing peliharaan berarti semakin banyak butuh uang dikeluarkan. Sama halnya kalo kita punya terlalu banyak langganan premium di suatu aplikasi/produk.

🌟 Bintang

Ini adalah sesuatu yg produktif dan punya potensi di masa depan. Kalau bisa kita mengalokasikan waktu 20-30% untuk bintang ini.

πŸ‘€? Tanda Tanya

Sesuatu yg misteri. Setidaknya kita mengalokasikan waktu 5-10% untuk melakukan hal yg sifatnya tanda tanya ini.

Key takeaway newsletter kali ini

Coba petakan matrix bostonmu, dan coba cari bintangmu. Jangan gunakan waktu mu full untuk sapi perah.


Beberapa hal yg aku lakukan minggu yg lalu

  • Kerjaan kantor β†’ Melakukan discovery workshop bareng client. πŸ§‘β€πŸ’»

  • Upload beberapa shots Cash Tech design ke Dribbble πŸ§‘β€πŸ’»

  • Side-Project β†’ Desain versi terbaru Payo App. Serta mulai berfikir untuk lanjutin Payo. πŸ§‘β€πŸ’»

  • Investasi β†’ Aku uninstall aplikasi mobile Stockbit agar ngga ngecek2 lagi. Kalau mau beli bisa di versi desktop aja. Hal ini karena saham buat aku adalah jangka panjang (5-10 tahun) Jadi ngga perlu cek harga, cukup didiemin. πŸ“±

Highlight minggu ini

  • Kerjaan kantor β†’ Lanjutin ngerjain Beneko App. πŸ§‘β€πŸ’»

  • Side-Project β†’ Lanjut diskusi bareng tim untuk bahas pengembangan Payo berikutnya. πŸ§‘β€πŸ’»

  • Selebihnya, maintenance kebiasaaan baik yg sudah dibangun seperti olahraga pagi, baca buku, nulis blog dan newsletter, dll. πŸƒβ€β™‚οΈπŸ‹οΈβ€β™‚οΈπŸ“¬


Sekian untuk berkabar kali ini yaa,

Makasih

Iosi.